Kamis, 02 Mei 2019

PENTINGNYA TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM REKAM MEDIS

Alhimny Yusril Huda
alhimnyyusril12@gmail.com


 

            Sistem Informasi dan teknologi rekam medis sangat penting dalam dunia kesehatan. (Susanto:2011) menyatakan “Sistem informasi rekam medis dapat digunakan sebagai sarana penyedia layanan dan informasi bagi penggunanya baik untuk dokter, paramedis, karyawan, dan pasien rumah sakit dimanapun dan kapanpun mereka berada, sehingga bisa mendapatkan informasi akurat karena informasi yang tersedia senantiasa terbaharui”.

            Menurut (Triyanto:2014) “Perangkat analisis yang dibangun dilekatkan pada sistem informasi enterprise, berfungsi sebagai fitur tambahan yang dapat digunakan oleh stake holder untuk menganalisis dan mengukur proses-proses bisnis yang berjalan”.

            Menurut (Purba:2016) “Dunia medis atau sektor kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat potensial untuk dapat diintegerasikan dengan kehadiran teknologi informasi”.

            Andriani (2017) menyatakan “Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan sistem informasi kesehatan terkomputerisasi yang berisi data sosial dan data medis pasien, serta dapat dilengkapi dengan sistem pendukung keputusan. RME dapat membantu manajemen pelayanan kesehatan pasien dengan lebih baik”.

            “Teknologi informasi merupakan salah satu tekhnologi yang  sedang berkembang pesat contohnya penggunaan komputer sebagai salah satu sarana penunjang dalam sistem informasi dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk output sebuah sistem” (Saputra:2017).

            Menurut (Yuliartanto:2014) “Pengembangan sistem informasi sebagai sarana pencatatan rekam medis digital dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan secara signifikan, mempercepat pengolahan rekam medis dan mengurangi tempat yang dialokasikan untuk menyimpan ribuan kertas rekam medis”.

            “Pengembangan sistem informasi rekam medis ditujukan untuk mendukung ketersedian data informasi bagi manajemen dan pelaksana layanan serta pengembangan jaringan informasi kesehatan” (Susanto:2012).

            Kegunaan sistem informasi rekam medis rawat inap rumah sakit yaitu seluruh pihak rumah sakit akan dapat dengan mudah, cepat, akurat” (Putri:2013).

            Erawatini (2013)  menyatakan “Manfaat yang dirasakan setalah penggunaan rekam medis elektronik adalah meningkatkan ketersediaan catatan elektronik pasien di rumah sakit. Hal ini juga bermanfaat bagi pasien karena meningkatkan efisiensi dalam proses pelayanan kesehatan”.

            Sistem Informasi Rekam Medis guna meningkatkan kualitas dan mutu

pelayanan di Puskesmas” (Supriyanto:2012).

            Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi dan teknologi rekam medis sangat dibutuhkan dalam kesehatan, terutama dalam rumah sakit dan puskesmas. Dengan adanya sistem informasi dan teknologi rekam medis dapat memudahkan, mempercepat input dan keamanan penyimpanan data dalam database.

 

DAFTAR RUJUKAN

 

Susanto,G., Sukadi.2011. Sistem Informasi Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan Berbasis Web Base. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4):1-24.

 

Andy,P. T.2014. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ENTERPRISE  PADA RUMAH SAKIT AISYIYAH PONOROGO. Directory of Access Open Journal:1-14.

 

Purba Imelda Rizky, Purnawan I Ketut Adi Purnawan, Sasmita I Gusti Made Arya Sasmita.2016. SISTEM ANTREAN PELAYANAN MEDIS PRAKTIK DOKTER BERSAMA BERBASIS WEB. MERPATI. 4(3):1-11.

 

Andriani Rika, Kusnanto Hari, Istiono Wahyudi.2017. ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI RS UNIVERSITAS GADJAH MADA. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information Systems).2(13):1-17.

 

Saputra Dharmawan Dwi, Sudarmaji.2017. PEMODELAN SISTEM APLIKASI PENGOLAHAN DATA PASIEN PADA  RUMAH SAKIT ISLAM KOTA METRO LAMPUNG. Directory of Access Open Journal:1-17.

 

Yuliartanto Purnaresa, Rochim Adian Fatchur, Windasari Ike Pertiwi.2014. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS UNTUK DINAS KABUPATEN GROBOGAN. Directory of Access Open Journal:1-17.

 

Susanto Gunawan, Sukadi.2011. Sistem Informasi Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan Berbasis Web Base. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4):1-24.

 

Putri Nunik Srikandi, Rochim Adian Fatchur, Windasari Ike Pertiwi.2013. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS RAWAT INAP RUMAH SAKIT BERBASIS WEB. Garuda Ristekdikti:1-13.

 

Erawatini Feby, Nugroho Eko, Sanjaya Guardian Yoki, Hariyanto Sunandar.2013. REKAM MEDIS ELEKTRONIK: TELAAH MANFAAT DALAM KONTEKS PELAYANAN KESEHATAN DASAR. Garuda Ristekdikti:1-11.

 

Supriyanto, Anwariningsih Sri Huning, Suryono.2012. SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PUSKESMAS JAYENGAN SURAKARTA. Garuda Ristekdikti:1-15.

0 komentar:

Posting Komentar